pasca@uinkhas.ac.id 0821-3993-3356

Workshop Peningkatan Mutu Mahasiswa

Home >Berita >Workshop Peningkatan Mutu Mahasiswa
Diposting : Jumat, 28 Apr 2017, 17:00:50 | Dilihat : 657 kali
Workshop Peningkatan Mutu Mahasiswa


Pada hari Rabu (26/4) lalu, Prodi PAI dan PGMI Pascasarjana IAIN Jember mengadakan workshop peningkatan mutu mahasiswa. Panitia memilih Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Living Values Education (LVE) sebagai tema besarnya. Tema ini sengaja dipilih untuk mengenalkan mahasiswa tentang konsep pendidikan karakter yang dirintis oleh Unesco dan Unicef.

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan yang bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Jember ini menghadirkan Dr. Muqowim, M.Ag. sebagai narasumber utama. Dia merupakan salah satu trainer LVE Unesco dan Unicef untuk wilayah Indonesia. Narasumber lainnya adalah Dr. Mashudi, M.Pd. dan Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd., selaku Ketua Prodi PAI dan PGMI.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana IAIN Jember, Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Pascasarjana IAIN Jember dalam mencetak lulusan yang kompeten dan berwawasan global. Apalagi pesertanya adalah mahasiswa Prodi PAI dan PGMI yang bersentuhan langsung dengan kegiatan pendidikan, terutama di tingkat dasar dan menengah.

“Saya berhadap, melalui workhshop ini mahasiswa menyadari dan mengaktualisasikan karakter positif dalam dirinya. Selanjutnya, mereka melakukan transformasi kepada orang lain, baik melalui kegiatan pendidikan formal maupun kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” katanya.

Sementara itu, menurut Dr. Muqowim, M.Ag., LVE merupakan pendekatan yang relatif baru dalam konsep pendidikan karakter. Pendekatan ini sangat penting karena masih sangat banyak manusia yang secara keilmuan dan atau gelar sudah “tinggi”, tetapi sikap dan perilakunya justru tidak mencerminkan ketinggian ilmu dan gelar tersebut.

“Melalui pendekatan ini, diharapkan terjadi perubahan kepada masing-masing orang menjadi pribadi “positif”, misalnya tawadlu’, husnuzzan, dedikatif, pekerja keras untuk hal-hal positif, menghargai orang lain, mendoakan orang lain dan semesta, dan senantiasa yakin dengan Allah serta potensi diri yang dianugerahkan oleh-Nya,” ujarnya. (ZA/KU)

Berita Terbaru

Review Kurikulum S2 KPI Dikritisi Gubes Komunikasi
22 Feb 2024By oprpasca
Kualitas dan Kinerja Prodi S2 KPI Dievaluasi
19 Feb 2024By oprpasca
Tim S3 PAI Rumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi
16 Feb 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;